Sabtu, 05 Mei 2012

RANGKING BLOG ANDA

Sebagian dari anda pasti tahu apa itu Alexa Rank, terutama bagi pemilik situs atau blog, dimana mereka seringkali berusaha sekaligus mencari tahu bagaimana cara menaikkan dan meningkatkan Alexa Rank nya dari waktu ke waktu. Selama ini setahu saya, sesuai dengan definisinya, Alexa rank adalah suatu bentuk penilaian terhadap kombinasi jumlah pengunjung ke suatu situs dan jumlah page views yang dilihat selama tiga bulan terakhir. Karena saya juga tergolong baru dalam hal ini, saya pikir definisi tersebut cukup untuk menjelaskan cara penentuan Alexa rank, dimana semakin banyak pengunjung yang datang akan semakin tinggi alexa rank suatu situs/website/blog. Saya pun mengira, dan mungkin sebagian di antara kita yang awam juga akan berpikir inti dari cara menaikkan dan meningkatkan Alexa Rank situs / blog / website kita adalah dengan mendapatkan jumlah pengunjung sebanyak-banyaknya. Saya beranggapan jika situs A rata-rata harian pengunjungnya lebih tinggi dari situs B maka otomatis mbah Alexa tahu dan memberikan rank yang lebih tinggi pada situs A.
Contoh web-blog yang kami buat terangking oleh google alexa dan lain-lain, anda bisa buka Google  tik : Koyoantitoksin , anda akan dapatkan web/blog kami dihalaman 1,  bahkan rangking urut 1 s.d 3 teratas adalah milik kami atau  Coba anda klik disini pasti anda percaya akan tulisan kami  :  http://
www.shampononi.blogdetik.com
Akan tetapi sepertinya apa yang disampaikan di atas tidak selalu betul. Hal ini saya sadari beberapa hari belakangan ini dengan memperhatikan data-data statistik, dan membandingkan perkembangan jumlah pengunjung dengan peningkatan Alexa Rank blog ini semenjak pertama kali diaktifkan.
Saya memulai aktif di blog ini semenjak bulan Mei 2011, dan aktif sekali menulis terutama di bulan Juni dan Juli. Selain menulis, saya juga rajin berkunjung ke situs-situs dan blog orang lain (tak terlalu rajin, tapi ada sekitar sepuluh blog yang saya kunjungi per hari). Secara perlahan tapi pasti, terjadi peningkatan jumlah pengunjung dari yang jumlahnya mudah dihitung jari hingga berkisar di angka 100 atau lebih per harinya. Pemilik situs atau blog yang saya kunjungi di antaranya mengadakan kunjungan balik, termasuk meninggalkan komentar. Akibatnya ketika rata-rata pengunjung blog saya mencapai angka 100 orang per hari, blog saya pun mendapatkan nilai Alexa Rank mendekati 1000.000. Hal itu diperoleh kurang dari tiga bulan lamanya. Sementara itu blog saya pun untuk pertama kalinya langsung mendapatkan Page Rank 3.
Untuk sekedar catatan, peningkatan tajam selalu terlihat pada Alexa Rank (loncatannya alexa rank nya bisa 1 juta) tiap kali jumlah pengunjung ke blog ini di waktu-waktu tertentu dan dalam beberapa hari melonjak naik dua sampai lima kali lipat dari rata-rata jumlah pengunjung harian. (Yakni ketika rata-rata harian pengunjung  100 orang didatangi oleh 200 lebih  hingga 500 pengunjung dalam beberapa hari).
Memasuki bulan ke-4  karena faktor kesibukan, perlahan tapi pasti saya pun  mulai jarang menulis. Hal itu berlangsung sampai dua bulan lamanya dimana sempat dalam satu bulan saya hanya menulis dua atau tiga kali dalam jarak waktu yang berdekatan, padahal sebelumnya dalam sebulan saya pernah membuat lebih dari 30 tulisan dengan jarak menulis yang teratur. Terlepas dari kevakuman menulis hampir dua bulan lamanya tersebut, saya perhatikan jumlah pengunjung ke blog ini tidak mengalami penurunan, bahkan terkadang mencapai angka di atas rata-rata. Alexa Rank nya pun perlahan tapi pasti terus menanjak sehingga sempat di bawah angka 1000.0000 dan bertengger pada angka 900 ribu an. Baru kemudian memasuki bulan ketiga kevakuman menulis itu, dengan sendirinya Alexa Rank mulai turun sedikit demi sedikit walaupun sebenarnya jumlah pengunjung relatif stabil tiap harinya yakni berkisar di angka 100 (bisa kurang, bisa lebih), tapi tetap Alexa Rank nya tak terlalu jauh dari posisi sebelum saya vakum menulis, yakni masih lebih rendah dari angka 1.500.000.
Kemudian mulai pertengahan Oktober, tiba-tiba saya mulai aktif menulis lagi. Ketika itu data statistik menyatakan jumlah pengunjung harian tetap berkisar 100, dan Alexa Rank sudah berada di kisaran angka 1.600.000 sementara Page Rank masih tetap di angka 3.  Karena ini adalah blogdetik, kebetulan tulisanku mejeng di headlines dan ditempatkan pada detiknews sehingga dalam dalam beberapa hari ribuan pengunjung masuk ke blog ini (bisa lebih dari 1000 per hari). Artinya peningkatan jumlah pengunjung mencapai 10 kali lipat. Akan tetapi Alexa rank sepertinya sangat malas untuk beranjak naik.
Begitu juga ketika berturut-turut topik tulisan yang kubuat juga dijejali ribuan pengunjung tiap harinya. Kali ini bukan dari halaman utama situs detikcom, tapi ribuan pengunjung itu datang dari situs pencari google. Luar biasa sekali jumlah pengunjung yang masuk dibandingkan dengan rata-rata jumlah pengunjung harian blog ini sebelum saya vakum menulis. Dalam waktu dua minggu sejak pertengahan Oktober itu, total jumlah pengunjung yang masuk bahkan sudah satu setengah kali total jumlah pengunjung selama 3 bulan pertama saya aktif di blog ini. Dalam waktu dua minggu itu rata-rata pengunjung harian berada di angka antara 1000 sampai 2000 orang, bahkan sempat dalam satu hari mencapai 5000 pengunjung. Jadi boleh dikatakan jumlah pengunjung harian yang datang itu bisa mencapai 10 hingga 15 kali lipat nilai rata-rata pengunjung harian.
Harusnya Alexa Rank blog ini langsung meloncat naik lagi kan ? Dulu saja, hanya dengan peningkatan empat kali lipat jumlah pengunjung yang masuk selama dua atau tiga hari, loncatan Alexa Rank nya bisa ratusan ribu hingga satu juta. Akan tetapi ternyata tidak begitu adanya kali ini. Walaupun di atas dua ribu pengunjung yang masuk selama berhari-hari ke blog ini, dan malah sempat dapat  ucapan selamat dari w3counter dengan ucapan “Congratulations, your website is extremely popular !” Alexa rank  nya nyaris tak mau beranjak. Sempat naik, itupun sedikit sekali, dan bahkan sempat juga turun lagi sedikit. Dan posisinya sekarang masih jauh di bawah posisi Alexa Rank yang sempat diperoleh ketika saya vakum menulis sekitar 1,5 bulan yang lalu. “Aneh kan ?”
Tapi kemudian saya sadari, ada satu perbedaan mendasar antara yang saya lakukan sekarang dibandingkan sebelum masa kevakuman menulis tersebut. Saat ini boleh dikatakan saya sama sekali tak berkunjung dan meninggalkan jejak di situs atau blog orang lain (sehingga para pemilik blog atau situs juga nyaris tak ada yang berkunjung ke blog ini). Jumlah pengunjung yang di atas 1000 jumlahnya, yang  masuk ke blog ini tiap hari secara teratur dalam waktu lebih dari dua minggu terakhir,  barangkali lebih dari 90% nya adalah berasal dari situs pencari google, atau dengan kata lain kemungkinannya sangat besar mereka adalah orang-orang yang tak memiliki situs atau blog.
Saya curiga hal ini ada kaitan kenapa Alexa Rank saya tak mau beranjak naik, bahkan masih sempat-sempatnya turun puluhan angka. Kecurigaan ini kemudian terkonfirmasi ketika saya melakukan pencarian informasi ke situs-situs yang ada, dan membaca lebih detail tulisan mereka tentang bagaimana cara menaikkan Alexa Rank suatu situs/blog. Di antara cara menaikkan dan meningkatkan Akexa Rank Situs, Blog menurut tulisan mereka adalah dengan cara memasang Alexa toolbar pada browser yang kita pakai (seperti internet explorer, mozilla, dsb). Mereka mengatakan Alexa ternyata tak selalu bisa mendeteksi perkembangan jumlah pengunjung situs / blog dengan tepat secara otomatis. Pengunjung-pengujung yang merupakan pemilik situs yang bagus, dimana pastinya peduli dengan Alexa Rank mereka, sebagian besar sudah meng install Alexa toolbar pada browser mereka. Akibatnya ketika mereka berkunjung ke suatu situs atau blog,  Alexa melalui toolbar nya akan lebih tepat mendeteksi pengunjung yang masuk ke situs atau blog tersebut.
Entahlah, jika teori mereka itu benar. Yang jelas saya pun akhirnya jadi ikut-ikutan meng install Alexa toolbar beberapa saat yang lalu (bagi yang tak tahu caranya klik DISINI).
Yang jelas dari apa yang sudah saya alami menyangkut perkembangan Alexa Rank di blog ini, sepertinya memang hanya pengunjung-pengunjung tertentu yang ‘dianggap’ oleh Alexa dan masuk ke dalam kategori pengunjung yang bisa dinilai untuk penentuan Alexa Rank suatu blog atau situs. Terbukti dengan tak naik-naiknya Alexa Rank saya ketika saya sama sekali tak melakukan blogwalking padahal pengunjung yang masuk luar biasa jumlahnya melebihi pencapaian selama tiga bulan pertama.
Penjelasan lainnya adalah dikarenakan alexa rank itu menghitung secara rata-rata dalam 3 bulan terakhir, maka perubahan jumlah pengunjung yang banyak dalam jangka harian atau mingguan belaka barangkali tidak akan terpengaruh jika dirata-ratakan untuk 3 bulan terakhir sehingga tak akan langsung tampak pada nilai Alexa rank nya. Berdasarkan teori ini, alexa rank baru melonjak jika penambahan jumlah pengunjung blog anda stabil adalah signifikan dalam hitungan bulan (barangkali minimal 1 bulan terakhir karena nilainya 1/3 nilai total).  Hal ini terutama terjadi pada blog/situs yang jumlah pengunjung hariannya sudah tinggi (ratusan); untuk blog yang pengunjung harian rata-rata puluhan maka tak usah heran alexa rank lebih sensitif untuk naik peringkat hanya dalam beberapa hari jika pengunjung bisa dinaikkan menjadi ratusan.
Itu teori saya, dan teori ini pun bisa salah. Jika ada di antara pembaca yang lebih ahli, saya minta tolong juga untuk menjelaskan fenomena keganjilan pada Alexa Rank blog saya ini, dan apakah benar teori yang saya sampaikan barusan. Jika memang begitu adanya, artinya memang perlu perubahan paradigma berpikir untuk diri saya sendiri terutama tentang cara menaikkan dan meningkatkan Alexa Rank Situs / Blog yang terkait dengan jumlah pengunjung yang masuk, diantaranya adalah pentingnya memasang Alexa Rank widget pada blog/situs, dan juga menginstall Alexa toolbar.
PING-OPTIMASI WEB ANDA
http://googleping.com/
http://www.getrank.org/google-ping/
http://blogsearch.google.com/ping
http://www.xml-sitemaps.com/
https://pingler.com/
http://www.googleblogping.com/
http://pingomatic.com/
http://webhackingtutorial.blogspot.com/2013/05/blog-ping-tool-google-yahoo-bing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar